Pernyataan Sikap Warga Banjarmasin atas FPI

Posted: June 9, 2008 in Press Release

Pernyataan sikap terhadap tindak kekerasan yang dilakukan FPI (Fron Pembela Islam) terhadap AKK-BB pada tgl 1 Juni 2008 di Tugu Monas Jakarta :

Sehubungna dengan aksi kekerasan yang terjadi terhadap Aliansi Kebangsaan untuk Kebabasan Berkeyakinan dan Beragama (AKK-BB) pada tanggal 1 Juni 2008 di Tuggu Monas Jakarta, maka kami yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Anti Kekerasan menyatakan bahwa :

1. Aksi Kekerasan yang dilakukan oleh FPI yang mengatasnamakan ‘pembela Islam’ sangat jauh dari wajah Islam, terlebih dalih pembelaan terhadap Islam, sebaliknya justru mencederai serta mencoreng wajah Islam Indonesia yang damai dan toleran. Wajah Islam di tangan FPI menjadi anarkhis, brutal dan sadis. Padahal Islam sangat anti kekerasan dan menganjurkan agar berlaku lemah lembut kepada siapapun.
2. Indonesia yang mengakui Pancasila sebagai azas negara juga sangat menghargai toleransi dan perbedaan pendapat, kemajemukan di Indonesia menjadi suatu keniscayaan yang tidak dapat ditolak, karena itu siapapun yang menolak kemajemukan di bumi Indonesia maka sama halnya menolak Pancasila sebagai azas negara. Aksi FPI adalah bentuk pemaksaan kehendak dari satu aliran terhadap aliran lainnya karena itu bertolak belakang dengan hakekat dasar Pancasila yang mengakomodir perbedaan dan kemajemukan.
3. Aksi kekerasan adalah bentuk kriminalisme yang mengganggu ketertiban umum dan mengancam keselamatan setiap warga negara, terlebih kriminalisme “berjubah agama” bukan saja telah memanipulasi publik atas persepsi agama, tetapi juga sangat menghina agama yang dipakai sebagai simbol atau tameng dari aksi kekerasan tersebut. FPI selama ini menggunakan jubah agama, terutama Islam untuk meligitimasi aksi-aksinya yang kriminal – anarkhis.

Atas dasar peristiwa tersebut diatas maka kami mendesak pemerintah dan aparat keamanan untuk mengusut pelaku tindak kekerasan dan menuntut pembubaran FPI sebagai dalang pelaku kekerasan.

Banjarmasin, 2 Juni 2008

Hormat kami :

Aliansi Masyarakat Anti Kekerasan

– LK3 (Lembaga Kajian Keislaman & Kemasyarakatan)

– Batko HMI Kalselteng

– Forlog (Forum Dialog)

– FALI (Forum Agamawan Lintas Iman)

– FPM ( Forum Peduli Martapura)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s