Pernyataan Sikap JAKER PAKB2 Atas Aksi FPI

Posted: June 2, 2008 in Press Release

Pernyataan Jaker PAKB2

tentang

Penyerangan Massa FPI atas Massa AKKBB

Peristiwa penyerangan yang dilakukan ratusan orang yang beratribut Front Pembela Islam (FPI) pada Minggu, 1 Juni 2008 di Monumen Nasional (Monas) telah menyebabkan jatuhnya korban luka-luka yang menimpa puluhan orang dari Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB).

Jaringan Kerja Pemantauan dan Advokasi Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan (Jaker PAKB2) menyampaikan keprihatinan dan simpati yang sedalam-dalamnya kepada AKKBB yang telah menjadi korban penyerangan itu, terutama mereka yang mengalami luka-luka, bahkan luka serius. Jaker sungguh-sungguh menyampaikan solidaritas untuk tetap terus mempertahankan komitmen dalam memperjuangkan kebebasan beragama atau berkeyakinan di Indonesia.

Sebaliknya, Jaker tidak dapat menerima dan membenarkan penyerangan yang dilakukan sekelompok orang FPI, karena penyerangan itu membahayakan keselamatan orang, khususnya yang menjadi korban adalah kelompok orang AKKBB dan terbukti sudah ada korban yang menderita luka serius, dan harapan kami mereka cepat sembuh. Jaker mengecam perbuatan orang-orang FPI yang menyerang.

  1. Perbuatan orang-orang FPI itu sudah dikategorikan sebagai perbuatan kriminal seperti penganiayaan, perbuatan tidak menyenangkan, dan merugikan hak milik orang lain.
  2. Perbuatan orang-orang FPI itu telah merusak kebebasan berpendapat dan berkumpul bagi korban yang tergabung dalam AKKBB yang mempertegas watak kelompok FPI yang sewenang-wenang.
  3. Perbuatan orang-orang FPI itu juga menjadi ancaman yang berbahaya atas pelaksanaan kebebasan beragama atau berkeyakinan bagi setiap orang.
  4. Perbuatan tangan-tangan sekelompok yang beratribut FPI itu haruslah dipertanggungjawabk an.

Berdasarkan butir-butir itu, Jaker meminta aparat Kepolisian Resor (Polres) Jakarta Pusat dan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya untuk menunaikan kewajiban dan tanggung jawab:

  1. Mengungkap dan mengusut perbuatan kriminal sekelompok orang yang beratribut FPI tanpa memberikan hak-hak istimewa bagi orang-orang yang diduga pelaku.
  2. Menyeret orang-orang yang diduga para pelaku tindak kriminal itu ke muka hukum tanpa diskriminasi, supaya perbuatan mereka dipertanggungjawabk an.
  3. Jaker mendukung langkah yang ditempuh polisi sejauh sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku.

Bandung, 2 Juni 2008

Komite Jaker PAKB2

Suryadi Radjab Gatot Rianto

Ketua Sekretaris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s