Asumsi Dasar Kapitalisme

Posted: September 18, 2007 in Artikel

Tantangan demi tantangan menerjang segala aspek kehidupan…modernitas yang identik dengan globalisasi dan industrialisasi seharusnya menjadi spirit dan motivasi untuk mengambil potensi-potensi yang ada didalamnya…dan tentunya bukan malah menjadi penghambat dan keluhan dalam mengambil sikap dengan perubahan yang akan terus terjadi.
Kita dituntut untuk lebih bijak dan cermat dalam menyikapi perubahan-peruabahan yang berorientasi pada kapitalisme global…sejak runtuhnya komunis-sosialis di Uni Sovyet…dalam setiap sektor kehidupan logika dan budaya kapitalisme hadir menyusup kedalam setiap aktivitas. Baik disadari ataupun tidak…sikap kritik terhadap kapitalisme seakan semakin membuat kapitalisme membumi dan membudaya…ke arah peradaban manakah kita akan dibawa oleh budaya kapitalisme? akanakah idealisme ini merupakan final sejarah manusia atau hanya menjadi alternative terakhir bagi peradaban manusia?
Menurut Ayn Rand dalam Capitalisme…ada 3 asumsi pokok yang mendasari kapitalisme…yaitu: kebebasan individu, kepentingan diri dan pasar bebas.
Kebebasan individu seakan membuat individu sebagai sesuatu yang bebas memilih dan menentukan proses keberlangsungan hidupnya…Oleh karena itu hal2 diluar kepentingan dirinya akan dikesampingkan dan tidak memikirkan kesejahteraan orang 2 sekitarnya…yang diutamakan adalah kesejahteraan dirinya saja. Menurut Rand, manusia hidup pertama-tama untuk dirinya sendiri, bukan untuk kesejahteraan orang lain. Radn menolak keras kolektivisme, altruisme, mistisisme. Konsep pasar bebas Rand merupakan aplikasi sosial dan pandangan epistemologisnya yang natural mekanistik. Terpengaruh oleh gagasan “the invisible hand” dari Smith, pasar bebas dilihat oleh rand sebagai proses yang senantiasa berkembang dan selalu menuntut yang terbaik atau paling rasional. Smith perbah berkata “…free marker forces is allowed to balance equtably the distribution of wealth”. (Robert Lerner, 1988).

HH And Me…
Learn abouT Kapitalisme…
abe_learn…my office 12.20.pm friday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s