RIWAYAT KERUSUHAN RASIAL DI INDONESIA

Posted: September 18, 2007 in Data

Bandung, 10 Mei 1963
Kerusuhan anti suku peranakan Tionghoa terbesar di Jawa Barat. Awalnya, terjadi keributan di kampus Institut Tehnologi Bandung antara mahasiswa pribumi dan non-pri. Keributan berubah menjadi kerusuhan yang menjalar ke mana-mana, bahkan ke kota-kota lain seperti Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan.

Pekalongan, 31 Desember 1972
Terjadi keributan antara orang-orang Arab dan peranakan Tionghoa. Awalnya, perkelahian yang berujung terbunuhnya seorang pemuda Tionghoa. Keributan terjadi saat acara pemakaman.

Palu, 27 Juni 1973
Sekelompok pemuda menghancurkan toko Tionghoa. Kerusuhan muncul karena pemilik toko itu memakai kertas yang bertuliskan huruf Arab sebagai pembungkus dagangan.

Bandung, 5 Agustus 1973
Dimulai dari serempetan sebuah gerobak dengan mobil yang berbuntut perkelahian. Kebetulan penumpang mobil orang-orang Tionghoa. Akhirnya, kerusuhan meledak di mana-mana.

Ujungpandang, April 1980
Suharti, seorang pembantu rumah-tangga meninggal mendadak. Kemudian beredar desas-desus: Ia mati karena dianiaya majikannya seorang Tiong Hoa. Kerusuhan rasial meledak. Ratusan rumah dan toko milik suku peranakan Tiong Hoa dirusak.

Medan, 12 April 1980
Sekelompok mahasiswa USU bersepeda motor keliling kota, sambil memekikkan teriakan anti suku peranakan Tiong Hoa. Kerusuhan itu bermula dari perkelahian.

Solo, 20 November 1980
Kerusuhan melanda kota Solo dan merembet ke kota-kota lain di Jawa Tengah. Bermula dari perkelahian pelajar Sekolah Guru Olahraga, antara Pipit Supriyadi dan Kicak, seorang pemuda suku peranakan Tiong Hoa. Perkelahian itu berubah menjadi perusakan dan pembakaran toko-toko milik orang-orang Tiong Hoa.

Surabaya, September 1986
Pembantu rumah tangga dianiaya oleh majikannya suku peranakan Tiong Hoa. Kejadian itu memancing kemarahan masyarakat Surabaya. Mereka melempari mobil dan toko-toko milik orang-orang Tiong Hoa.

Purwakarta,1 November 1995
Huru-hara terjadi di Purwakarta, Jawa Barat. Kerusuhan itu dipicu kejadian di sebuah toko serba ada. Lia Yulianawati, ditampar petugas toko karena dituduh mencuri coklat.

Pekalongan, 24 November 1995
Yoe Sing Yung, pedagang kelontong, menyobek kitab suci Alquran. Akibat ulah penderita gangguan jiwa itu, masyarakat marah dan menghancurkan toko-toko milik orang-orang Tiong Hoa.

Bandung, 14 Januari 1996
Massa mengamuk seusai pertunjukan musik Iwan Fals. Mereka melempari toko-toko milik orang-orang Tiong Hoa. Pemicunya, mereka kecewa tak bisa masuk pertunjukan karena tak punya karcis.

Sanggauledo, 30 Desember 1996
Suku Dayak Sanggauledo, Kalimantan Barat, menyerang dan membakar perkampungan Madura. Ratusan orang tewas. Ribuan orang Madura sempat diungsikan. Awalnya adalah perkelahian antar pemuda.

Rengasdengklok, 30 Januari 1997
Mula-mula ada seorang suku peranakan Tiong Hoa yang merasa terganggu suara beduk Subuh. Percekcokan terjadi. Masyarakat mengamuk, menghancurkan rumah dan toko Tiong Hoa.

Ujungpandang, 15 September 1997
Benny Karre, seorang keturunan Tiong Hoa dan pengidap penyakit jiwa, membacok seorang anak pribumi, kerusuhan meledak, toko-toko Tiong Hoa dibakar dan dihancurkan.

Kraksaan, Donggala, Sumbawa, Flores, Jatiwangi, Losari, Gebang, Pamanukan, Lombok, Rantauprapat, Aeknabara: Januari – Februari 1998
Anti Cina

Medan, Belawan, Pulobrayan, Lubuk-Pakam, Perbaungan, Tebing-Tinggi, Pematang-Siantar, Tanjungmorawa, Pantailabu, Galang, Pagarmerbau, Beringin, Batangkuis, Percut Sei Tuan: 5-8 Mei 1998
Ketidakpuasan politik yang berkembang jadi anti Cina.

Jakarta, 13-14 Mei 1998
Kemarahan massa akibat penembakan mahasiswa Universitas Trisakti yang dikembangkan oleh kelompok politik tertentu jadi kerusuhan anti Cina. Peristiwa ini merupakan persitiwa anti Cina paling besar sepanjang sejarah Republik Indonesia. Sejumlah perempuan keturunan Tiong Hoa diperkosa.

Solo, 14 Mei 1998
Ketidakpuasan politik yang kemudian digerakkan oleh kelompok politik tertentu menjadi kerusuhan anti Cina.

Tanjung Balai, 27 Mei 1998
Anti Cina

Tegal, 9 Juni 1998, 15 Juni 1998
Anti Cina

Sambas, Maret 1999
Pertikaian antara suku Melayu dan Dayak di satu pihak melawan suku Madura di pihak lain. Ratusan korban tewas dalam kerusuhan itu, sebagian besar warga Madura.

Kebumen, September 1999
Anti Cina

Sampit, Februari 2001
Pertikaian meledak di Sampit, Kalimantan Tengah, antara suku Dayak melawan suku Madura. Pokok masalah pertikaian Madura vs Dayak di Kalimantan Tengah tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi di Kalimantan Barat. Ratusan orang, kebanyakan dari suku Madura, tewas.

takes from : elsam.or.id

About these ads
Comments
  1. Debora says:

    Mengapa hal itu terjadi?
    bila ada keturunan tionghoa yang berbuat salah terhadap pribumi, mengapa semua orang tionghoa yang menanggung akibat nya? dimana hati manusia2 yang membunuh sesama? bukan kah damai itu indah? Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai ras karena semua itu dipandang indah. ratap tangis yang tiada henti untuk kekacauan dan diskriminasi ras selama ini. Berdoa lah bersama2 untuk perlindungan Tuhan dan kedamaian dibumi ini.

  2. abeinhere says:

    dari beberapa data kasus kejahatan rasial diatas, ini bukan soal sentimen rasial semata, akan tetapi ada unsur permainan politik (black politic) didalamnya.

  3. agung says:

    tuhan pasti menbalas kalian,,gempa,banjir,badai,tsunami,amin

  4. login says:

    sbg masyrkt indonesia, mustinya qt bs menerima sgla perbedaan suku,budaya dan agama bk lokal maupun luar. qt yg menganggp diri kita sbg org timur yg bgt pnh dg kesopann n moralitas tp ternyata seolh2 tak lbh dr manusia yg tak mengenl Tuhan. samp kpn kah qt benr2 mampu tuk menjd bangsa yg dewasa..??

  5. Alimah says:

    hampir semua isi dari postingan blog ini benar-benar referensi penting. tak henti mencari esensi kebenaran, tepat sekali.

    http://menjadikosong.wordpress.com

  6. dealer pulsa says:

    kelihatanenya kita disebut2orang ramah tahu adat dan sopan. tapi klo lapar jADI PErusuh juga

  7. jimen says:

    ini sih perbuatan orang gila aja,udah gila ya tetep gila dong ya

  8. kerusuhan rasial di Sukabumi pada 18-19 Mei 1963 tak tercatat ternyata, padahal trauma yang tersisa dalam diri beberapa kawan begitu mencekam sampai hari ini. Adakah data tersimpan mengenai apa yang terjadi pada hari hari tersebut?

    • abeinhere says:

      dear kang Iwan..maaf baru sempet balas..kebetulan sy tidak pernah dengar ataupun melihat data terkait kerusuhan di Sukabumi pd tanggal yang kang Iwan sebutkan..sepertinya menarik kalau datanya di teliti melalui teman2 kang Iwan yang sekaligus menjadi saksi hidup kerusuhan tersebut..

  9. aku kira etnis tionghoa itu baru baru saja ada di Indonesia,ternyata sdh sangat lama,bahkan ikut berjuang merebut kemerdekaan,juga ikut merumuskan undang undang?ikut menurunkan bendera belanda?di hotel orange?tapi dasar perebutan kekuasaan itu jahat?butuh kambing hitam,sbg obyek huru hara,untuk lalu tampil menjadi pahlawan kocak?sepertinya pernah terjadi politik praktis ala pasca G30S.buat huru hara sehebohnya,otomatis kendali negara akan pindah,dari presiden ke tentara.atas nama keamanan negara?ada2saja?

  10. kayaknya kerusuhan itu perlu diwaspadai?hati hati deh,dg provokasi bertema menciptakan huru hara?jangan pernah mau?maksudnya supaya kestabilan keamanan negara kita goyang?bisa jadi adalah upaya fihak tertentu menggeser pemimpin negara dari presiden/mensejahterahkan rakyat?ke satpam/tukang ciduk penjahat?kalau negara tidak aman?siapa yg lalu yg layak mimpin?apa kita mau dipimpin…?(simpulkan sendiri saja,deh?)buatku sih?ditangan presiden itu,tidak seharusnya adalah pistol atau senapan?tapi kebijaksanaan.

  11. kayaknya kerusuhan itu perlu diwaspadai?hati hati deh,dg provokasi bertema menciptakan huru hara?jangan pernah mau?maksudnya supaya kestabilan keamanan negara kita goyang?bisa jadi adalah upaya fihak tertentu menggeser pemimpin negara dari presiden/mensejahterahkan rakyat?ke satpam/tukang ciduk penjahat?kalau negara tidak aman?siapa yg lalu layak mimpin?apa kita mau dipimpin…?(simpulkan sendiri saja,deh?)buatku sih?ditangan presiden itu,tidak seharusnya adalah pistol atau senapan?tapi kebijaksanaan.

  12. untung saja amerika tidak punya ambisi menghapus tionghoa,hgg ngga ada bantuan CIA?sepertinya kasus ini ada kemiripan dg,pasca G30S.skenarionya sederhana?buat negara kacau balau?pembunuhan dimana mana?dg begitu posisi presiden akan digeser oleh satpam negara?dan yg bodoh adalah yg mau diprovokasi guna membuat kekacauan itu?jadi repot jika money politik dimainkan?mereka dibayar?siapa yg nggak mau?apabila politik ini dijalankan dg preman?yg masa bodoh dg moral?hi?ngeri?karena sepertinya jawabnya adlh “gol”.

  13. bisa jadi,Sukarno rencananya akan digiring ke mahkamah Internasional oleh amerika,lalu digantung?sama seperti sadam husein?demonstrasi mahasiswa ketika itu menuntut”bubarkan PKI”.(konon dg backing tentara tanpa identitas,menurut kesaksian Subandrio)seandainya bungkarno meng “iya”kan,pembubaran dg cara pembantaian massal tsb akan menjadi atas nama instruksi presiden?amerika tepuk tangan dari jauh?dan bersiap siap mengadili bungkarno karena kasus pelanggaran HAM tingkat tinggi?dan menghukum gantung BungKarno?

  14. Angelica says:

    D bandung mei 1998 jg tjd kerusuhan anti Cina, bnyk yg mati dibunuh, toko,rumah, tmp ibadah spt gereja n vihara djarah n dhancurkan..Perempuan keturunan Cina bnyk diperkosa bhkn mpe yg msh SD jg diperkosa ramai*, Bahkan ada teman kakak yg diperkosa oleh 7 org n trakhir drusak bag intimny dg dimasukkan pipa..Sekolah*swasta yg bnyk turunan Cina hendak dterobos krn ada anak*skolah di dalamny..Bnyk turunan Cina yg kabur k luar negeri..
    Sy mengalami itu smua krn saat kejadian itu sy SMP n sy dg teman*bingung bgmn qt pulang krmh akhirny qt jalan kaki sambil sembunyi*..Sungguh masa yg mengerikan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s